RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nomor : 3
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Klaten
Mata Pelajaran : Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU)
Aspek/Strand : Kerajinan
Kelas / Semester : XII / 1 (satu)
Alokasi Waktu : 6 Jam Pelajaran (3 x Pertemuan)
Topik/Materi Pokok :
Kerajinan Fungsi Hias Berbahan Limbah
A.
Kompetensi Dasar (KD)
3.7
Memahami sumber daya yang dibutuhkan dalam mendukung
proses produksi usaha kerajinan fungsi hias dari berbagai bahan limbah.
4.7 Mencipta
karya kerajinan fungsi hias
dari berbagai bahan limbah yang berkembang di wilayah setempat dan lainnya
sesuai teknik dan prosedur.
B.
Indikator Pencapaian Kompetensi
(IPK)
3.7.1
Pengelelolaan
sumberdaya usaha dikenal dengan istilah 6M, yakni Man (manusia), Money
(uang), Material (bahan), Machine (peralatan), Method (cara
kerja) dan Market (pasar) pada usaha kerajinan fungsi pakai dari bahan
limbah
3.7.2 Identifikasi kebutuhan sumberdaya pada usaha
kerajinan fungsi pakai dari bahan limbah
4.7.1
Praktek
kerajinan fungsi pakai dari bahan limbah berdasarkan kebutuhan sumberdaya
(bahan, peralatan, keterampilan bekerja & pasar) dan prosedur yang
ditetapkannya (jenis, manfaat,
teknik, dan pengemasan)
C. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan pertama
Melalui diskusi dan kerja kelompok dilanjutkan dengan pemberian soal uji
kompetensi, diharapkan peserta didik dapat:
1.
Menjelaskan
pengelolaan sumber daya 6M
2.
Mendeskripsikan
kebutuhan sumberdaya pada usaha kerajinan fungsi hias
3.
Merangkum
materi diskusi kelompok dan mengirinya ke email
guru secara individu
Pertemuan kedua
Melalui
diskusi dan kerja kelompok dilanjutkan dengan pemberian soal uji kompetensi,
diharapkan peserta didik dapat:
1. Mengkomunikasikan hasil diskusi
kelompok dalam diskusi kelas
2. Mengevaluasi kinerja fasilitator
Pertemuan ketiga
Postes ( 1x 45 menit)
Unjuk kerja lesan (1x45 menit)
D.
Materi
Pembelajaran
Pengelolaan sumberdaya 6M:
·
Man
butuh kemauan dan kemampuan SDM dalam memproduksi karya kerajinan fungsi
hias berbahan limbah
·
Money,
tanpa modal usaha tidak berlangsung
·
Methode,
membutuhkan cara yang tepat agar diperoleh karya
·
Material,
bahan dasar agar menjadi produk
·
Machine,
alat yang digunakan untuk membuat produk
·
Market,
untuk memasarkan produk
Identifikasi limbah agar memiliki fungsi pakai
·
Reuse
·
Recycle
·
Reduce
E. Metode Pembelajaran
·
Diskusi
·
Penugasan
F. Kegiatan Pembelajaran
- Pertemuan ke-1
a. Pendahuluan
(15 menit)
·
Siswa
berkumpul dan duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.
·
Guru memberikan salam dan berdoa bersama
(sebagai implementasi nilai religius).
·
Guru mengabsen,mengkondisikan kelas dan
pembiasaan (sebagai implementasi nilai disiplin).
·
Prasyarat kemampuan sebelum mempelajari materi.
·
Motivasi: Guru mengungkapkan fakta adanya limbah yang merusak
lingkungan hidup.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dengan
memilih fasilitator yang dianggap
mumpuni/hebat.
b. Kegiatan
Inti (60 menit)
1.
Mengamati, mendiskusikan, dan menyimpulkan tentang
fenomena limbah yang merusak
lingkungan agar bisa bermanfaat menjadi sebuah karya
2.
Mendiskusikan dan menyimpulkan tentang factor keberhasilan usaha produksi
kerajinan fungsional berbahan limbah
3.
Merangkum
materi pembelajaran, mengirim ke email guru
c. Penutup
(15 menit)
· Guru bersama fasilitator dan peserta didik membuat simpulan kegiatan pembelajaran.
· Guru memberikan umpan balik proses dan
hasil pembelajaran untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran.
· Guru meminta peserta didik dibantu
fasilitator untuk mempelajari konsep pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
·
Tindak
lanjut: Penugasan menjawab pertanyaan uji kompetensi dari kumpulan soal
guru
- Pertemuan ke-2
a. Pendahuluan
(15 menit)
·
Siswa
berkumpul dan duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.
·
Memberikan salam dan berdoa (sebagai implementasi
nilai religius).
·
Mengabsen, mengondisikan kelas dan pembiasaan
(sebagai implementasi nilai disiplin).
·
Motivasi: Guru menanyakan bagaimana agar limbah
bisa menjadi produk bermanfaat?
·
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
b. Kegiatan
Inti (60 menit)
1.
Mendiskusikan hasil kerja kelompok rangkuman materi yang sudah dibuat.
2.
Kelompok
yang ditunjuk berperan sebagai Fasilitator dengan memberi pertanyaan pada
peserta didik berkaitan dengan materi yang dikomunikasikan
3. Membuat
laporan tertulis hasil diskusi
kelas.
c. Penutup
(15 menit)
· Guru bersama dengan peserta didik membuat
simpulan kegiatan pembelajaran.
· Guru memberikan umpan balik proses dan
hasil pembelajaran untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran.
· Guru memberikan penghargaan kepada
kelompok terbaik dalam pembelajaran.
· Tindak lanjut: Penugasan
menjawab soal dari kumpulan soal Guru
3. Pertemuan
ke-3
Postes
Ulangan Harian I
G.
Sumber
Belajar/Bahan Ajar/Alat
Sumber:
Buku Prakarya dan
Kewirausahaan Kelas XII dari Kemdikbud
Internet
Alat dan Bahan: LCD, Laptop, Internet
H.
Penilaian
1. Teknik
Penilaian dan bentuk instrumen
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Pengamatan Sikap
|
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
|
Tes Tertulis
|
Pilihan
Ganda dan Uraian
|
Tes Unjuk Kerja
|
Uji Petik Kerja dan Rubrik
|
Portofolio (laporan hasil diskusi)
|
Panduan Penyusunan Portofolio
|
2. Instrumen
penilaian
a.
Lembar pengamatan sikap
No
|
Aspek yang dinilai
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1
|
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
|
|
|
|
|
|
2
|
menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik pengamatan sikap
· 1 = jika peserta didik sangat kurang
konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
· 2 = jika peserta didik kurang konsisten
memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator, tetapi belum konsisten
· 3 = jika peserta didik mulai konsisten
memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
· 4 = jika peserta didik konsisten
memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
· 5 = jika peserta didik selalu konsisten
memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
b.
Penilaian pemahaman konsep
1.
Apakah
yang dimaksud dengan Limbah, jelaskan hubungan limbah dengan kelangsungan hidup di bumi?
2. Sebutkan 3 cara terbaik dalam
mengelola limbah!
3. Jelaskan 3 macam jenis limbah,
berilah contohnya!
4. Potensi limbah untuk bisa menjadi
karya fungsional dengan cara mengelola sumberdaya, Jelaskan sumberdaya
tersebut!
No
Soal
|
Hasil Pengerjaan soal
|
Skor
|
Skor Maksimal
|
1
|
a.
Jika menjelaskan pengertian limbah dan hubungannya dengan kelangsungan hidup dengan
benar
|
20
|
25
|
b.
Jika menjelaskan salah satu maksud pertanyaannya
dengan benar
|
15
|
||
c.
Jika menjawab pertanyaan
tetapi salah
|
10
|
||
d.
Jika tidak
menjawab sama sekali
|
5
|
||
|
|
|
|
2
|
a.
Jika menjelaskan 3 soal pengelolaan
limbah dengan benar
|
20
|
25
|
b.
Jika menjelaskan 2 soal pengelolan
limbah dengan benar
|
15
|
||
c.
Jika menjelaskan 1 soal pengelolaan
limbah dengan benar
|
10
|
||
d.
Jika tidak
menjawab sama sekali
|
5
|
||
3
|
a.
Jika menjelaskan 3 soal jenis
limbah dengan benar
|
30
|
25
|
b.
Jika menjelaskan 2 soal jenis
limbah dengan benar
|
20
|
||
c.
Jika menjelaskan 1 soal jenis
limbah dengan benar
|
10
|
||
d.
Jika tidak
mengerjakan soal
|
0
|
||
4
|
a.
Jika menjelaskan 5-6 sumberdaya
dengan benar
|
30
|
25
|
b.
Jika menjelaskan 3-4 sumberdaya
dengan benar
|
20
|
||
c.
Jika menjelaskan 1-2 sumberdaya dengan
benar
|
10
|
||
d.
Jika tidak menjawab
|
0
|
||
|
|
|
|
JUMLAH SKOR TOTAL URAIAN
|
100
|
Nilai Akhir = Total Skor
Uraian
= 100
|
a.
Penilaian unjuk kerja lesan
-
Diskusi
kerja kelompok
kelompok
|
Skor Kriteria/Aspek
|
Total Skor
|
||
Perencanaan diskusi
|
Proses diskusi
|
Laporan hasil diskusi
|
||
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
:
No
|
Aspek yang dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Perencanaan diskusi
|
1:
menunjukkan ketidaksiapan mengelola kerja kelompok
2: menunjukkan ketidaksiapan bekerja secara kelompok
3: menunjukkan kesiapan mengelola kerja
kelompok (dipilih sebagai fasilitator)
|
2
|
Proses diskusi
|
1: tidak
menunjukkan sikap antusias selama proses diskusi
2:
menunjukkan sikap antusias tetapi tidak mampu bekerjasama dengan teman
sekelompok
3:
menunjukkan sikap antusias dan mampu bekerja sama dengan teman sekelompok
selama diskusi
|
3
|
Laporan Hasil Diskusi
|
1: tidak
bersungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa
dilakukan dan tidak berupaya tepat waktu.
2:
berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya
terbaiknya
3:
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan berupaya selesai tepat waktu
|
b.
Penilaian portofolio
No
|
KI / KD / PI
|
Waktu
|
MACAM PORTOFOLIO
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|||
Kualitas Rangkuman
|
Makalah
|
Laporan Praktikum
|
Laporan Kelompok
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
||
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
||
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Catatan:
·
PI = Pencapaian Indikator
·
Untuk setiap karya peserta didik dikumpulkan
dalam satu file sebagai bukti pekerjaan yang masuk dalam portofolio.
·
Skor menggunakan rentang antara 0 -10 atau 10 –
100.
·
Penilaian Portofolio dilakukan dengan sistem
pembobotan sesuai tingkat kesulitan dalam pembuatannya.
|
|
Klaten, 18 Juli 2016
|
Mengetahui,
|
|
Guru Mata Pelajaran PKWU,
|
Kepala SMA Negeri 1 Klaten
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Drs. Kawit Sudiyono, M.Pd.
|
|
Daru Prapti, M.Pd
|
NIP. 19620205 198903 1 009
|
|
NIP. 19690514 199103 2 006
|
terima kasih telah beragi
BalasHapusSama2..
HapusTrimaksih ilmunya bunda
BalasHapusSami2
Hapus