Jumat, 11 November 2016

CONTOH LPJ KEGIATAN BAZAR,LOMBA DAN PAMERAN HASIL PKWU SMA NEGERI 1 KLATEN


Halaman depan
 
LAPORAN KEGIATAN
LOMBA, BAZAR DAN PAMERAN
HASIL PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN
DI SMA N 1 KLATEN



logo sma




KELAS......

SMA NEGERI 1 KLATEN
Tahun Pelajaran 2016/2017


==================================================
Hal 1
Kop SMA dan OSIS
A.    PERENCANAAN KEGIATAN
Amanat Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional bahwa pendidikan berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dengan tujuan untuk berkembangnya potensi siswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab.
Sesuai dengan undang-undang tersebut, Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan sebagai acuan dalam pengembangan dan pelaksanaan pembinaan kesiswaan.
Menindaklanjuti Undang-undang  dan Peraturan menteri tersebut sesuai kurikulum 2013  maka untuk melaksanakan konsep SMA Rujukan,  pada Tahun Pelajaran 2016/2017 mulai disusun perencanaan untuk mengikuti kegiatan lomba, bazar dan pameran hasil prakarya dan kewirausahaan yang petunjuk pelaksanaannya telah ditetapkan oleh panitia. Hal ini memiliki maksud agar kami peserta didik dapat mengembangkan jiwa wirausaha sehingga memacu potensi kami agar menjadi generasi yang kompetitif dan berperilaku unggul; generasi yang memiliki keunggulan dan keseimbangan dalam aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan. 






Pada kesempatan tersebut disepakati oleh kelas kami bahwa dalam mengikuti kegiatan lomba, bazar dan pameran hasil prakarya dan kewirausahaan di SMA Negeri 1 Klaten yang  dilaksanakan pada hari Senin tanggal 17 Oktober 2016 setelah kegiatan Ulangan Tengah Semester, Kelas kami memutuskan untuk membuat....................................................................................................... 

 B. Hasil yang Dicapai

           Setelah kami mengikuti kegiatan tersebut, maka hasil yang kami dapatkan sebagai berikut:
1. Sebagai peserta didik kami dapat berkreasi dan berinovasi untuk mengembangkan potensi diri dalam sebuah karya cipta bidang prakarya dan kewirausahaan
2. Sebagai peserta didik, jiwa wirausaha kami menjadi berkembang
3......
4.....
5  dst
C. Kepanitiaan Kegiatan
     Koordinator pelaksanaan kegiatan: Nama   (NIS)
     Sekretaris     
     Bendahara
     Dokumentasi
    

D. Alokasi Dana

Pemasukan
Dana dari Bendahara Sekolah Rujukan                                               Rp. 1 000 000

Pengeluaran
Untuk Apa saja sebutkan                                                                     Rp. .................
 .....................................................................................................................................
Saldo                                                                                                   Rp ..................
 Deskripsikan rugi atau laba

E. Dokumentasi Kegiatan
( Tunjukkan gambar dari proses sebelum dan saat kegiatan, diberi deskripsi juga boleh)

F. Evaluasi Kegiatan dan Harapan
    Contoh sbb: (boleh beda)

Secara umum pelaksanaan kegiatan lomba, bazar dan pameran berlangsung secara aman, lancar dan sukses. Cuaca yang mendung sehari sebelumnya membuat  was-was karena lokasi berada di tanah lapang, namun berkat rahmat Alloh SWT yang harus disyukuri sehingga pelaksanaan kegiatan berjalan lancar, dan kami melaksanakan kegiatan dengan penuh antusias, dan penuh semangat.
Namun sedikit catatan yang perlu diperhatikan adalah kurang optimalnya keterlibatan atau interaksi antara peserta didik dan guru dalam kegiatan tersebut, mengingat kegiatan dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Workshop Literasi dan Pengembangan Kewirausahaan oleh Bapak-Ibu guru SMA Negeri 1 Klaten.
Selain itu minimnya waktu persiapan kegiatan membuat persiapan kurang maksimal sehingga membuat kurang maksimal dalam berkarya. Namun oleh daya kreatifitas dan inovasi serta jiwa wirausaha peserta didik, kelas kami mampumembuat lebih dari 2 aspek karya peserta didik yang dipamerkan.

Halaman berikutnya lampirkan kwitansi pembelian barang  (di lem)
Halaman selanjutnya pengesahan  (dibuatkan secara kolektif oleh panitia, untuk mempermudah penandatanganan)
DIKUMPULKAN SESEGERA MUNGKIN (KEBURU ADA TUGAS LAIN) DALAM BENTUK FILE DIKIRIM KE  senang_tanya@yahoo.com  DENGAN JUDUL : lpj bazar,lomba dan pameran, kelas.........DAN DALAM BENTUK PRINT OUT KEPADA GURU PENGAMPU.
SEMOGA BERMANFAAT
 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar