Rabu, 14 Oktober 2015

CONTOH PROPOSAL USAHA

Proposal Usaha
STIKER SMANSA


e6e2bc5bacd76b4a89342287f53f9134

Oleh    :
1.     Bella Mega Amalia P                               (03/XII IPA 2)
2.     Tri Prihatin                                               (28/XII IPA 2)
3.     Yosiana Fitri A                                         (30/XII IPA 2)

SMA NEGERI 1 KLATEN
Tahun Pelajaran 2015/2016


KATA PENGANTAR

            Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT serta shalawat dan salam kami sampaikan hanya bagi tokoh dan teladan kita Nabi Muhammad SAW. Diantara sekian banyak nikmat Allah SWT yang membawa kita dari kegelapan ke dimensi terang yang memberi hikmah dan yang paling bermanfaat bagi seluruh umat manusia, sehingga oleh karenanya kami dapat menyelesaikan tugas kewirausahaan ini dengan baik.
Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh guru pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan (PKWU).
Dalam proses penyusunan tugas ini kami menjumpai hambatan, namun berkat dukungan  dari banyak pihak, kami dapat menyelesaikan tugas ini dengan  baik. Oleh karena itu melalui kesempatan ini kami menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Ibu Daru Prapti selaku guru mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan, serta kepada semua pihak terkait yang telah membantu selesainya tugas ini.
Kami menyadari bahwa tugas ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu segala saran dan kritik yang membangun dari semua pihak sangat kami harapkan demi perbaikan pada tugas selanjutnya. Harapan kami semoga tugas ini bermanfaat khususnya bagi kami dan bagi pembaca.
BAB I
PENDAHULUAN

A.    Deskripsi usaha
Nama usaha    :  Usaha penjualan stiker SMANSA
Bentuk            :  Grup / kelompok
Peserta                        :      Bella Mega Amalia P                                  (03/XII IPA 2)
       Tri Prihatin                                                  (28/XII IPA 2)
        Yosiana Fitri A                                           (30/XII IPA 2)

B.    Latar Belakang         
Usaha adalah sesuatu kegiatan yang dapat menghasilkan uang dan dapat meningkatkan taraf hidup seseorang untuk menjadi lebih baik. Suatu badan usaha yang kita jalankan dapat menghasilkan laba atau pendapatan yang semaksimal mungkin apabila mampu memanfaatkan peluang yang ada. Selain itu, dalam menjalankan usaha harus melihat hambatan maupun faktor – faktor yang mendukung dalam melaksanakan suatu usaha.
 Usaha tidak selalu memerlukan tenaga yang besar dan berjangka waktu panjang. Dengan mempertimbangkan waktu yang singkat, dan tetap berusaha untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. Untuk itu kami memilih usaha penjualan stiker smansa ini atas pertimbangan waktu dan modal yang ada.
Menurut kami, usaha penjualan stiker smansa ini akan memiliki prospek yang baik untuk kedepannya. Peluang usahanya pun juga besar karena tidak banyaknya pesaing, dibanding dengan usaha makanan atau kuliner. Faktor lain yang membuat kami memilih untuk melakukan usaha penjualan stiker adalah siswa baru kelas X, yang sejatinya masih hangat – hangatnya dengan hal – hal yang berbau identitas Sma N 1 Klaten, apalagi dengan adanya larangan bagi sekolah untuk menjual seragam, identitas sekolah dan sebagainya, sehingga sampai beberapa bulan dari tahun ajaran baru ini masih belum bisa mengenakan atribut SMA N 1 Klaten. Hal tersebut semakin memberi peluang kepada kami dalam melakukan usaha penjualan stiker SMANSA tersebut.
Pembuatan stiker terbilang mudah karena hanya membutuhkan desain yang bagus untuk dapat dicetak menjadi stiker. Apabila kami menemukan kesulitan atau membutuhkan masukan dan inspirasi dalam proses pembuatan stiker, kami akan berusaha bekerja sama dengan jasa desainer stiker. dan Proses pencetakanpun sangat mudah karena kami akan bekerja sama dengan percetakan.

C.    Tujuan Usaha
              Kami dalam melakukan usaha penjualan stiker dengan tujuan utama untuk memenuhi tugas mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Jiwa wirausaha sangat dibutuhkan dimasa depan karena tidak semua orang akan menjadi pegawai. Sehingga usaha ini akan menumbuhkan jiwa – jiwa wirausaha yang  sanggup bekerja keras, disiplin, kreatif, pantang menyerah, sportif, dan mandiri sebagai bekal untuk kehidupan di masa depan. Kegiatan ini juga akan mengisi waktu luang kami sehingga tidak terbuang sia – sia. Serta harapan kami bisa mendapatkan keuntungan atau laba yang maksimal.

D.    Hasil Yang Diharapkan
Dengan usaha penjualan stiker ini tentu saja kami berharap mendapatkan nilai yang baik dalam mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Yang kedua, sesuai dengan tujuan usaha yaitu mendapatkan keutungan yang sebesar – besarnya tanpa membohongi konsumen. Yang ketiga, menggunakan waktu luang kami untuk hal – hal yang positif yaitu melakukan kegiatan kewirausahaan.

E.    Waktu dan Pelaksanaan
Hari, Tanggal        : Senin, 7 September 2015 – Senin, 14 September 2015
Jam                       : Jam istirahat sekolah atau sebelum jam pertama pelajaran dimulai.
Tempat                  : SMA N 1 KlATEN


F.     Sasaran

Sasaran kami dalam memasarkan stiker smansa yang paling utama adalah siswa kelas X. Apabila stiker tidak terjual habis di kelas X , maka akan kami pasarkan ke kelas XI dan XII SMA N 1 KLATEN. Sasaran yang lain adalah para alumni yang sedang berada di SMANSA atau yang bekerja di bimbingan belajar yang lokasinya di dekat SMA N 1 KLATEN.

G.   Analisis SWOT

a.     Strength (Kekuatan)
1.     Bekerja penuh tanggung jawab, disiplin kerja, kreatif dan inovatif.
2.     Sedikit pesaing, karena karya dikerjakan dalam waktu yang cepat.
3.     Pelayanan terbaik terhadap pembeli.
4.     Hasil stiker dengan desain yang bagus dan menarik.
b.     Weaknes (Kelemahan)
1.     Waktu untuk kegiatan belajar /les  berkurang karena kegiatan tersebut.
2.     Kesulitan menentukan harga yang pas, sehingga harga  ditentukan sesuai pasaran tahun sebelumnya.
c.      Oportunity (Peluang)
1.     Usaha ini bisa dikembangkan melebar ke sekolah lain.
2.     Dengan tetap manjaga mutu dan kualitas stiker, kami yakin bisa melangsungkan usaha ini meskipun sudah menjadi mahasiswa.
d.   Threaty (Ancaman)
Ancaman yang akan mengganggu usaha kami yaitu apabila munculnya usaha yang sejenis yang berusaha menyaingi pemasaran stiker kami dengan harga yang lebih murah dan desain yang lebih bagus.


BAB II
RENCANA ANGGARAN

A.    Pengeluaran         :
1.     Pencetakan stiker 1 @Rp. 1000                     100 x Rp. 1000           =  Rp. 100.000,00
2.     Pencetakan stiker 2 @Rp. 1000                     100 x Rp. 1000           =  Rp. 100.000,00
3.     Pencetakan stiker 3 @Rp. 1000                     100 x Rp. 1000           =  Rp. 100.000,00
4.     Pencetakan stiker 4 @Rp. 1000                     100 x Rp. 1000           =  Rp. 100.000,00
5.     Plastic / kemasan                                                                                =  Rp    20.000,00
                                                                                                                                                   +
                                                                  Jumlah                                                    Rp. 420.000,00

B.    Pemasukan :
Iuran anggota  @Rp. 140.000,00                          3 x Rp. 140.000,00     =  Rp. 420.000,00

C.    Sisa Dana   :
1.     Pemasukan                                                                                          =  Rp. 420.000,00
2.     Pengeluaran                                                                                        =  Rp. 420.000,00
                                                                                                                                                   -
                                                                                                                                Rp. 0,-


H.    Peserta
Peserta dalam usaha ini antara lain   :
1.     Bella Mega Amalia P           (03/XII IPA 2)
2.     Tri Prihatin                           (28/XII IPA 2)
3.     Yosiana Fitri A                     (30/XII IPA 2)


     
BAB III
PENUTUP

Demikian proposal ini kami susun dengan harapan dapat memenuhi tugas Prakarya dan Kewirausahaan dengan baik. Kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam pembuatan proposal ini, sehingga kritik dan saran yang bersifat membangun sangat kami harapkan demi lebih baiknya proposal kami selanjutnya.
Akhirnya ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut serta berpartisipasi dalam penyusunan proposal ini. Semoga dapat bermanfaat kita semua.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar