Selasa, 08 September 2015

SEKAPUR SIRIH

       Dengan mengucap Bismillahirrohmaanirrohiim, teriring do’a: Robbi Adkhilnii Mudkhola Sidqin Wa Akhrijnii Mukhroja Sidqin Waj’alni min Ladunka Shulthoonan Nashiiroo, Aamiin. Semoga Alloh meridhoi setiap langkah hasil olah pikir, rasa dan karsa dari penulis yang terwujud dalam sebuah karya.
      Nama Enterpreneuria dipilih dengan alasan untuk mengantarkan peserta didik menjadi seorang enterpreneur dengan suka ria, artinya peserta didik maupun guru dalam menyampaikan konsep kewirausahaan dengan suka ria, karena segala sesuatu yang dilakukan dengan hati senang hasilnya pun menjadi optimal. Meskipun guru sebagai pendidik latar belakangnya pengajar mata pelajaran fisika, maka aspek prakarya rekayasalah yang dipilih untuk disampaikan pada peserta didik.  Kalau pun mereka tidak menjadi seorang enterpreneur paling tidak peserta didik memiliki jiwa enterpreneur sejati, karena jiwa enterpreneur tak lepas dari pendidikan karakter yang membutuhkan pembiasaan untuk menanamkannya. Nilai enterpreneurship yang diharapkan antara lain: jujur, kreatif-inovatif, percaya diri, berani menanggung resiko, ihlas menghargai prestasi, ulet, mandiri, komunikatif, tanggung jawab, kerja keras, realistis, komitmen dan rasa ingin tahu.
      Pada tahun 2015 ini SMA Negeri 1 Klaten merupakan salah satu dari 300 (tiga ratus) SMA Negeri dan Swasta yang  tersebar di 200 kabupaten pada 34 propinsi ditetapkan oleh Direktur Pembinaan SMA dalam Surat Keputusan Nomor 2326.2/D4/KU/2015 Tanggal 1 Juli 2015 sebagai sekolah model yang menerapkan SNP (Standar Nasional Pendidikan). Maka sebagai wujud persiapan dalam  memenuhi tanggung jawab mekanisme pelaksanaan yang mendorong praktik praktik baik dan inovasi pendidikan di sekolah, melalui blog ini diharapkan terwujud media komunikasi antar lembaga terkait dan masyarakat serta sebagai salah satu media komunikasi guru-peserta didik-masyarakat. Karena kewirausahaan di SMA merupakan program untuk mengenal konsep kewirausahaan, latihan mengembangkan usaha, mendapatkan pengalaman praktis berwirausaha, menumbuhkan minat berwirausaha dan mengembangkan potensi berwirausaha, maka program kewirausahaan di SMA menjadi alternatif dalam mempersiapkan lulusan yang mampu menerapkan dan mengelola peluang usaha serta mampu menyesuaikan diri agar berhasil dalam kehidupan bermasyarakat serta memiliki kemampuan untuk menghadapi persaingan global
            Ucapan terimakasih perlu disampaikan kepada ananda Dimas Sanjaya Klas XII OSN 2 atau XII MIPA 11 SMA Negeri 1 Klaten, dalam wirausaha jasa IT & Web Development  yang telah andil membuatkan blog ini. Akhirnya tiada gading yang tak retak, saran dan kritik yang membangun kami harapkan demi tercapainya tujuan mulia ini.  



Klaten,  September 2015

SALAM

            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar