Selasa, 08 September 2015

Motivasi dan Inspirasi Wirausaha dari Guru

     Pada awal pembelajaran, setelah sosialisasi rencana program pembelajaran selama 1 semester dan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) belajar dilanjutkan diskusi mengenai konsep dasar kewirausahaan.
   Kewirausahaan (entrepreneurship) adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari tentang nilai, kemampuan, dan perilaku seseorang dalam menghadapi tantangan hidup dan cara memperoleh peluang dengan berbagai resiko yang mungkin dihadapinya. Kewirausahaan merupakan suatu disiplin ilmu tersendiri, memiliki proses sistematis, dan dapat diterapkan dalam bentuk penerapan kreatifitas dan keinovasian. Seperti dikemukanan Thomas W. Zimmerer (1996)  dalam Model Pembinaan Kewirausahaan, “Entrepreneurship is the result of disciplined, systematic prossec of applying creativity and innovations to needs and opportunities in the marketplace”. Kewirausahaan merupakan hasil dari suatu disiplin, proses sitematis penerapan kreativitas dan inovasi dalam memenuhi kebutuhan dan peluang di pasar. Inti kewirausahaan terletak pada kreativitas dan inovasi. Masih dalam e-book tersebut,  menurut Suryana (2013:15),  kreativitas adalah kemampuan mengembangkan ide dan cara-cara baru dalam memecahkan masalah dan menemukan peluang. Sementara itu, inovasi adalah kemampuan menerapkan kreativitas dalam rangka memecahkan masalah dan menemukan peluang. Sesuatu yang baru dan berbeda dapat diciptakan oleh wirausahawan, seperti proses, metode, barang-barang, dan jasa-jasa. Sesuatu yang baru dan berbeda inilah yang merupakan nilai tambah dan keunggulan. Keunggulan adalah daya saing, dan daya saing adalah peluang untuk meraih sukses. Dengan kreativitas, wirausahawan dapat melihat sesuatu yang lama dan berpikir sesuatu yang baru serta berbeda. Dengan demikian, rahasia kewirausahaan sebenarnya terletak pada kreatifitas dan keinovasian untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda. Kesuksesan berwirausaha akan tercapai apabila seseorang berpikir kreatif dan inovatif menciptakan sesuatu yang baru atau sesuatu yang lama dengan cara-cara baru (Zimmerer, 1996:51). Hakikat persiapan seorang wirausaha adalah dalam segi penempaan sikap mental wirausaha. Dengan perkataan lain, persiapan seorang wirausaha terletak pada penempaan semua daya kekuatan pribadi peserta didik untuk menjadikannya dinamis dan kreatif, disamping mampu berusaha untuk hidup maju dan berprestasi. Salah satu ciri seorang wirausaha adalah memiliki kepribadian yang kuat.
      Dalam pertemuan awal pembelajaran pendidik berperan mengkomunikasikan potensi dan cita-cita secara jelas sehingga dapat menginspirasi setiap peserta didik untuk dapat melihat jiwa kewirausahaan dalam dirinya.
   Pada saat itu muncul pertanyaan yang menarik dari siswa: selama ini ibu mengajar fisika, bagaimana pengalaman ibu dalam dunia bisnis (wirausaha), sehingga mengampu mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan?. Dengan senang hati guru menceritakan sepenggal autobiografi bahwa jiwa wirausaha sudah tertanam sejak kecil karena pembiasaan, ketika penulis masih kelas I SMP dengan berani maju ke depan memimpin belajar sejarah saat guru sejarah berhalangan hadir, saat kuliah pun penulis memahami potensi diri yang bisa digunakan sebagai modal wirausaha yaitu menjadi penyiar radio, memanfaatkan waktu luang dengan menjadi tentor bimbingan belajar, guru les  seni baca Al Quran, dan saat menjadi ketua pemudi setelah lulus kuliah dengan memberdayakan potensi yang ada mengisi kegiatan dengan menciptakan aneka kuliner bagi masyarakat. Bagi seorang yang berjiwa wirausaha melihat sesuatu (kondisi, barang atau jasa) mampu menjadi peluang, dan bak pisau jiwa itu harus diasah agar tajam. Maka mata pelajaran PKWU (Prakarya dan Kewirausahaan) perlu diberikan agar jiwa wirausaha peserta didik mampu tumbuh dan berkembang.
Rencana pertemuan berikutnya adalah gerakan ayo kerja dengan pembuatan video motivasi wirausaha, karena banyak diantara peserta didik dalam satu kelas yang sudah melaksanakan wirausaha, selanjutnya dengan semangat Indonesia hebat peserta didik itu diberi kesempatan untuk menyampaikan pengalamannya agar mampu menginspirasi dan memotivasi teman lainnya untuk sukses dalam memenuhi kesejahteraannya.


Salam 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar