Minggu, 25 Oktober 2015

SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER

PEMERINTAH KABUPATEN KLATEN
DINAS PENDIDIKAN
SMA NEGERI  1 KLATEN
Jl. Merbabu No. 13 Telp. 321150 Klaten 57423
------------------------------------------------------------------
ULANGAN TENGAH SEMESTER (UTS) GASAL
TAHUN PELAJARAN 2015/2016

                        Mata Pelajaran :  Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU)
                        Klas                    :  XII MIPA               
                        Hari/Tanggal     :  Senin / 19 Oktober2015
                        Pukul                  :  09.00- 10.30 WIB
Kerjakan soal-soal berikut ini !
1.     Apa perbedaan antara entrepreneur dan entrepreneurship, jelaskan!.
2.  Ada banyak nilai-nilai kewirausahaan dari ciri-ciri seorang wirausaha, sebutkan 8 nilai kewirausahaan yang harus dimiliki oleh entrepreneur yang sukses!.
3.     Jelaskan hubungan antara inovasi dan kreativitas terhadap  peluang usaha!.
4.  Salah satu siswa SMA Negeri 1 Klaten menjalankan usaha dalam bidang budidaya berbagai burung kicau, ada kenari, jalak, murai, bahkan burung parkit juga dipelihara. Upaya agar burung tersebut kicaunya merdu adalah dengan memberi dukungan secara moril dan dengan memberi makan berupa aneka macam sayur antara lain adas, kangkung, sawi putih, dll, sementara upaya agar produksi telurnya bagus yaitu burung tersebut  diberi makan dengan jangkrik, kroto maupun cacing. Selain itu, agar nafas burung tersebut panjang sehingga kicaunya bertahan indah antara lain harus sering dipindah dalam kandang yang luas.
Dari sekilas cerita siswa tersebut, terdapat peluang usaha lain yang bisa mendukung wirausaha siswa itu.  Sebut dan jelaskan peluang usaha tersebut !.
5.   Beberapa  siswa SMA Negeri 1 Klaten melakukan usaha membuat kue Brownies yang dijual di Car Free Day (CFD). Hal ini dilakukan sebab sejak kecil mereka biasa membantu orang tua membuat  aneka macam kue. Mulai dari menyiapkan tepung, coklat, gula, telur, mixer, oven, dll, membuatnya, mengemasnya sampai menjajakannya di arena CFD. Kebetulan kue tersebut selalu habis, namun jika tersisa pun tidak merisaukannya, sebab kue tersebut bisa bertahan dalam beberapa hari. Dari cerita tersebut maka ditinjau dari keberhasilan dan kegagalan usaha dikenal istilah 6M, sebutkan 6M tersebut dan jelaskan penerapan  6M itu dalam usaha pembuatan kue Brownies di atas!.
6.     Sebutkan 8 aspek yang terdapat dalam sistematika penulisan proposal usaha?.
7.   Untuk mengubah kain flanel menjadi gantungan kunci adalah hal mudah bagi salah satu siswa SMA Negeri 1 Klaten, karena itu hobinya. Namun untuk membuat agar tidak merugi dalam penjualannya maka dia harus pandai memperhitungkan seluruh beaya produksi ditambah laba yang ditentukan. Jika ditulis dalam proposal usaha terlebih dahulu diawali dengan analisis SWOT, jelaskan analisis tersebut dalam wirausaha pembuatan gantungan kunci dari kain flanel di atas!.     
8.  Sebutkan  3 macam komponen elektronika praktis, dan jelaskan kegunaan masing- masing  komponen tersebut!.

SELAMAT MENGERJAKAN, SEMOGA SUKSES!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar