Rabu, 28 Oktober 2015

TANGGAPAN PESERTA DIDIK TERHADAP KBM KEWIRAUSAHAAN

Berikut ini beberapa pernyataan terkait dengan proses kegiatan belajar berwirausaha di SMA Negeri 1 Klaten Kelas XII:
1. Syahrul Fachruddin XII MIA 7:


"Saya setuju apabila kegiatan kewirausahaan ini diterapkan di SMA, alasannya dapat mengenalkan siswa dengan hal baru yaitu kewirausahaan yang mungkin akan digunakan pada jenjang berikutnya dan dapat melatih keterampilan kewirausahaan para siswa dalam berhadapan dengan para pelanggan serta dapat mengevaluasi dampak SWOT dari usahanya. Sehingga nantinya para siswa dapat membuat usaha sendiri yang lebih menguntungkan dan tidak tertuju pada pekerjaan sebagai orang gajian".



2. Dwi Nurkhasanah XII MIA 7:
         "Menurut saya tugas berwirausaha dalam mapel PKWU ini sangat bermanfaat untuk saya. Saya jadi tahu rasanya jadi wirausaha mulai dari memikirkan apa yang mau dibuat dan jual, proses produksi,  sampai memasarkannya. Walaupun sempat ada masalah dalam menentukan apa yang mau dijual dan bahan yang susah didapat, apalagi pas pemasaran juga sempat dibully karena yang dijual gelang anak anak yang bisa dibilang cetar, di CFD hanya laku 2 pula, tapi saya tetap semangat sampai akhirnya dapat banyak pembeli. Saya sekarang menjadi termotivasi dan bersemangat untuk berwirausaha barang lain yang lebih menjanjikan".

            3. Fide Krisdiarti XII MIA 11 :
 "Kegiatan PKWU ini menurut saya bermanfaat bagi siswa – siswi di tingkat SMA. Selain untuk melatih daya kreatif dan inovatif siswa, hal ini juga bermanfaat untuk meningkatkan minat siswa untuk berwirausaha. Semakin meningkatnya minat untuk berwirausaha ini maka akan melatih para siswa untuk lebih condong menjadi seorang yang mandiri. Kelak hal ini pasti mendorong siswa untuk dapat mendirikan atau menjalankan usaha secara mandiri sehingga tidak banyak bergantung pada pihak lain dan membantu pemerintah dalam menyelesaikan masalah pengangguran. Kekurangan dari kegiatan ini menurut saya adalah kegiatan ini dapat mengurangi waktu belajar siswa sehingga siswa yang terlalu asyik berwirausaha malah menurun nilai akademiknya, hal ini disebabkan oleh masih kurang mampunya siswa dalam mengatur waktu".

4. Athuf Hazimah R XII MIA 11:




 "Kegiatan PKWU menurut saya sangat bermanfaat sekali, dari sini saya bisa mendapatkan pengalaman untuk berbicara dan menyampaikan pendapat di forum umum melalui sosialisasi keunggulan produk yang kami tawarkan. Sehingga bisa melatih public speaking saya di forum umum. Selain itu saya juga lebih mengenal masyarakat luar akan kebutuhan mereka di era yang serba instan dan modern ini. Segi positif lainnya yaitu mendorong para siswa untuk tampil secara kreatif dan inovatif untuk menciptakan produk-produk baru yang nantinya akan mudah diterima oleh kalangan siswa maupun masyarakat luar. Jika dipandang secara jangka panjang, kegiatan ini juga melatih kami agar bisa memanfaatkan dan menciptakan produk ataupun kemampuan/bakat dalam diri seseorang agar kelak bisa mendukung kami dalam menghadapi mencari atau bahkan menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Serta melatih kami agar bisa memiliki jiwa kewirausahaan.
                               5. Alexander Dewa P XII MIA 11 :
 "Kegiatan ini bermanfaat dan bermutu karena mengembangkan kemampuan siswa dalam hal wirausaha. Kewirausahaan sangat penting karena zaman sekarang juga dibutuhkan berbagai macam barang maupun jasa bagi kebutuhan sehari hari. Tugas yang diberikan melatih siswa terjun langsung ke masyarakat sehingga tidak hanya teori dibelakang meja belajar saja. Siswa juga masih banyak yang meneruskan usahanya diluar tugas PKWU ini walau tugas sudah berakhir".
6. Ayusya Khoirun Nisa XII MIA 8 :
 "Kegiatan prakarya dan kewirausahaan yang dilakukan di SMA Negeri 1 Klaten ini sangat baik untuk dikembangkan karena dapat melatih para siswa untuk berwirausaha, sehingga mereka memiliki mental mandiri, kreatif, berani, tekun, tidak jaim, dan masih banyak lagi. Saya bisa merasakan manfaat dari hasil kerja keras saya sendiri...".

7. Kelompok Zuppa Soup (Anindita, Antonia, Halimah, Nareswari, Yutyanda) XII MIA 8 :
      "Kegiatan PKWU di SMA Negeri 1 Klaten sangat bermanfaat bagi siswa karena dapat melatih kreativitas dan dapat meningkatkan daya produktivitas bagi siswa. Dengan kegiatan PKWU siswa dapat menumbuhkan sifat mandiri, tanggung jawab, kreativitas, inovatif, dan meningkatkan kerjasama. Jika menemukan pesaing dalam usaha yang digeluti hendaknya berkompetisi dengan sehat. Akan tetapi, pelaksanaan kewirausahaan di SMA Negeri 1 Klaten terkesan tidak terjadwal dengan rapi sehingga banyak siswa yang berjualan dan mengakibatkan daya beli konsumen menurun. Akan lebih baik apabila kelas satu dengan yang lain memiliki jadwal bergilir dalam pelaksanaan pemasaran terutama usaha dalam bidang konsumsi". 
8    8.   Furi Patriana Dewi  (XII MIA 2)

    Assalamu’alaikum, saya ingin berkomentar mengenai kegiatan wirausaha di SMA N 1 Klaten. Menurut saya, kegiatan wirausaha di SMA N 1 Klaten sangat berdampak positif bagi siswa karena selain siswa dapat menambah pengalamannya, siswa juga bisa mengasah potensi/kemampuannya. Dan saya pribadi sangat berterima kasih dengan adanya pelajaran kewirausahaan di SMANSA karena, diawal saya haus pengalaman berwirausaha, namun setelah ada pelajaran kewirausahaan di SMANSA, pikiran menjadi terbuka, di manapun dan kapanpun, selagi ada peluang, selalu berusaha untuk dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Dan bagi teman-teman saya juga berharap hal yang sama untuk memanfaatkan peluang dengan baik. Sekian, Wassalamu’alaikum.
      9. Septi Putri Prima Shanti (XII MIA 2)

    Selamat pagi, saya ingin berkomentar mengenai kegiatan wirausaha di SMA N 1 Klaten. Menurut saya, kegiatan kewirausahaan dalam mata pelajaran PKWU memiliki nilai yang positif pasalnya dengan adanya kegiatan tersebut siswa menjadi lebih kreatif dan inovatif. Saya pribadi sangat senang dengan adanya kegiatan kewirausahaan di SMANSA karena dengan begitu siswa memiliki pengalaman dalam berwirausaha, setidaknya dengan kegiatan itu dapat menjadi tolak ukur siswa untuk mengembangkan bakatnya dalam berwirausaha. dan dengan adanya kegiatan kewirausahaan ini, setelah kita lulus SMA ataupun kuliah kita dapat membuka peluang dalam berwirausaha sehingga dapat membantu mengurai pengangguran. Sekian komentar mengenai kegiatan kewirausahaan dalam mata pelajaran PKWU. Terimakasih J
     10.  Audia Harin P (XII MIA 2): 

     Kegiatan kewirausahaan di SMA Negeri 1 Klaten ini membuat kami, siswa SMA Negeri 1 Klaten, dapat belajar cara berwirausaha. Kegiatan ini sangat bermanfaat karena kami mendapatkan pengalaman untuk berwirausaha. Pengalaman ini sangat membantu generasi muda untuk berbisnis di masa depan kami. Pengalaman berwirausaha ini memberikan banyak hal positif. Semoga kegiatan yang ada di pelajaran PKWU ini dapat terus berjalan dari tahun ke tahun karena Indonesia memerlukan pemuda-pemudi yang mau bekerja keras dan berkarya.
    11. Khalid Abdurrahim (XII IPA 4)

   Kegiatan kewirausahaan di SMA N 1 KLATEN ini membuat kami terpacu untuk berwirausaha. Kelompok kami membuat jasa print untuk siswa di SMA N 1 KLATEN. Dari kegiatan ini, banyak sekali hikmah yang dapat kita ambil. Kegiatan PKWU ini seharusnya menjadi pembelajaran yang wajib diikuti oleh seluruh anak anak di Indonesia, karena kegiatan ini bermanfaat bagi pemikiran kami akan pentingnya kerja keras dan wirausaha untuk masa depan. Semoga kegiatan ini terus dilangsungkan oleh Menteri Pendidikan dan menjadi salah satu pembelajaran yang berguna bagi seluruh siswa di Indonesia.
    12. Hasna Nurhanifa Rosyadi (XII IPA 4) 

   Kegiatan PKWU yang alhamdulillah telah dilaksanakan oleh seluruh siswa kelas XII SMA N 1 KLATEN 2015/2016 sangat bermanfaat dan memberi banyak pengalaman kepada kami. Dari kegiatan tersebut kami bisa belajar bagaimana cara menjadi seorang wirausahawan mulai dari merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi hasil usaha yang telah kami lakukan. Sayangnya, kegiatan PKWU ini ada saat kami kelas XII. Seandainya kegiatan PKWU ini sudah ada sejak kelas X, usaha yang kami buat mungkin sekarang sudah memiliki cabang: Dan Untuk kedepannya semoga kegiatan PKWU ini sukses mencetak generasi-generasi muda yang mandiri, cerdas, kompeten dan mampu bersaing secara global.
   13.  Dimas Sanjaya (XII MIA 11) : 

   PKWU atau kewirusahaan yang ada di SMA N 1 Klaten bagi saya kegiatan ini berguna bagi siswa/siswinya dalam mendidik agar dapat menghargai waktu yang ada untuk membuat suatu karya yang kreatif dan unik agar bisa menghasilkan uang, karena biasanya siswa/siswi membutuhkan uang untuk keperluan apapun dan karena kesibukan mengerjakan tugas-tugas sekolah mungkin waktu luang yang sedikit bisa digunakan untuk membuat PKWU yang menyenangkan, bisa difungsikan sebagai hiburan bukan untuk beban guys ^_^ .


Merekalah pemuda yang memiliki semangat, mereka menjadikan masa lalu sebagai pengalaman hidup, masa kini sebagai masa untuk melakukan hal terbaik dan masa depannya adalah target pencapaian mimpi yang di idamkan. SEMANGATLAH WAHAI PEMUDA, DIPUNDAKMU LAH KEJAYAAN BANGSA INI..
8   






Tidak ada komentar:

Posting Komentar