Sabtu, 22 Oktober 2016

LOMBA, BAZAR DAN PAMERAN HASIL PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN DI SMA NEGERI 1 KLATEN TAHUN 2016



Menindaklanjuti Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan sebagai acuan dalam pengembangan dan pelaksanaan pembinaan kesiswaan,  dan sesuai kurikulum 2013  maka melalui panitia lomba, bazar, dan pameran hasil prakarya dan kewirausahaan SMA Negeri 1 Klaten melaksanakan konsep SMA Rujukan, sehingga pada Tahun Pelajaran 2016/2017 mulai disusun perencanaan kegiatan lomba, bazar dan pameran hasil prakarya dan kewirausahaan yang diikuti oleh seluruh peserta didik kelas X,XI dan XII. Hal ini memiliki maksud agar siswa dapat mengembangkan jiwa wirausaha sehingga memacu potensinya menjadi generasi yang kompetitif dan berperilaku unggul; generasi yang memiliki keunggulan dan keseimbangan dalam aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan.

Melalui musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) Prakarya dan kewirausahaan di SMA Negeri 1 Klaten berjumlah 5 orang guru mulai menyusun rencana pelaksanaan kegiatan pada hari Jum’at tanggal 7 Oktober 2016 bertempat di Rumah Makan Mayar Jl Raya Solo, Mlese, Ceper, Kabupaten Klaten 57465, pukul 13.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB. Pada kesempatan tersebut disepakati bahwa pelaksanaan lomba, bazar dan pameran hasil prakarya dan kewirausahaan hendak dilaksanakan pada hari Senin tanggal 17 Oktober 2016 setelah kegiatan Ulangan Tengah Semester. Kegiatan tersebut melibatkan seluruh peserta didik Kelas X, XI, dan XII yang berjumlah 32 kelas, dengan mengusung tema 4 aspek prakarya dan kewirausahaan yaitu pengolahan, rekayasa, budidaya dan kerajinan. Adapun penilaiannya meliputi 5 hal antara lain 4 aspek tersebut ditambah aspek menghias stand. Dewan juri yang dibentuk berasal dari guru mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan sendiri, dengan susunan sebagai berikut.
1.     Juri Pengolahan oleh Ibu Dra. Indarwati
2.     Juri Rekayasa oleh Ibu Dra. Sudarni
3.     Juri Kerajinan oleh Ibu Resmiyati, S.Pd
4.     Juri Budidaya oleh Ibu Daru Prapti, M.Pd.
5.     Juri menghias stand oleh Ibu Dra. Widi Astuti, M.Pd.
Pelaksanaan lomba, bazar dan pameran hasil prakarya dan kewirausahan diikuti oleh seluruh peserta didik kelas X, XI dan XII sebanyak 32 kelas. 

Kegiatan ini diselenggarakan berdasarkan panduan pelaksanaan kegiatan asistensi dan sinkronisasi program SMA Rujukan Tahun 2016 yang menindaklanjuti Surat Keputusan Direktur Pembinaan SMA Nomor 2326.2/D4/KU/2015 Tanggal 1 Juli 2015 tentang sekolah model yang menerapkan SNP Tahun 2015. 

Kegiatan tersebut pelaksanaannya memiliki tujuan sebagai berikut.


a.    Mengimplementasikan materi pembelajaran tentang prakarya dan kewirausahaan sehingga peserta didik memiliki potensi untuk mengembangkan kreativitas.
b.   Menciptakan suasana dan proses belajar yang menumbuhkan kemauan belajar dari dalam diri peserta didik dan mengembangkan potensi utuh peserta didik tersebut.
c. Menciptakan suasana dan proses belajar peserta didik yang pengelolaan sepenuhnya dipercayakan kepada guru.
d.   Menciptakan interaksi positif antar pesertadidik dan interaksi positif antara peserta didik dan guru.
e.    Menciptakan lingkungan sekolah yang mendukung iklim pembelajaran sebagai lingkungan belajar yang berwawasan kewirausahaan.
Hasil yang diharapkan dari kegiatan Lomba, Bazar dan Pameran hasil prakarya dan kewirausahaan ini adalah:
a.  Termotivasinya peserta didik untuk berkreasi dan berinovasi untuk mengembangkan potensi diri dalam sebuah karya cipta bidang prakarya dan kewirausahaan.
b.     Terjaringnya kelompok peserta didik yang memiliki potensi dalam bidang prakarya dan kewirausahaan
            c.      Berkembangnya jiwa wirausaha peserta didik.


Dokumentasi kegiatan tersebut seperti terlihat dalam gambar-gambar berikut ini.   
1.     Persiapan Sebelum Kegiatan Dimulai  

2.     Saat Kegiatan Berlangsung
















Ada juga gambar berjalannya lho, ....https://www.youtube.com/watch?v=Q8pygjxXAdQ


REFLEKSI KEGIATAN
Secara umum pelaksanaan kegiatan lomba, bazar dan pameran berlangsung secara aman, lancar dan sukses. Cuaca yang mendung sehari sebelumnya membuat panitia was-was karena lokasi berada di tanah lapang, namun berkat rahmat Alloh SWT yang harus disyukuri sehingga pelaksanaan kegiatan berjalan lancar, peserta didik melaksanakan kegiatan dengan penuh antusias, dan penuh semangat.
Namun sedikit catatan yang perlu diperhatikan adalah kurang optimalnya keterlibatan atau interaksi antara peserta didik dan guru dalam kegiatan tersebut, mengingat kegiatan dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Workshop Literasi dan Pengembangan Kewirausahaan oleh Bapak-Ibu guru SMA Negeri 1 Klaten.
Selain itu minimnya waktu persiapan kegiatan membuat sosialisasi kegiatan terhadap peserta didik kurang maksimal sehingga membuat jumlah aspek prakarya dan kewirausahaan yang dibuat peserta didik kurang maksimal. Padahal selama ini karena terbatasnya lahan dan kemampuan, pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di SMA Negeri 1 Klaten terbatas 2 aspek yang disampaikan kepada peserta didik, namun oleh daya kreatifitas dan inovasi serta jiwa wirausaha peserta didik, terdapat kelas yang membuat lebih dari 2 aspek karya peserta didik yang dipamerkan.
Demikian Laporan Kegiatan lomba, bazar dan pameran hasil prakarya dan kewirausahaan ini disusun dengan harapan bisa memberi manfaat bagi peserta didik, sekolah dan dunia pendidikan pada umumnya. Segala kritik dan saran diterima dengan tangan terbuka dan atas partisipasi, bantuan dari berbagai pihak diucapkan banyak terimakasih.
Sementara info ini dulu ya yang ditampilkan, jika masih ada gambar lainnya segera kirim ke bu Daru ...insya Alloh kutambahkan.  Yuk, tetap semangat berkarya teman!
                                                                      SALAM ENTREPRENEUR



       

1 komentar:

  1. Titanium Earring posts for your favorite board games!
    From the Sega Mega Drive (or Genesis), In mens titanium earrings the original Sega ti89 titanium calculators Genesis game, you control a team microtouch titanium of men titanium bolts who are working together how much is titanium worth to destroy a nuclear

    BalasHapus