1.
Kain
dengan patola yang digunakan untuk penutup jenazah dan panjangnya ± 4 M, di
produksi di daerah….
a. Sumatra barat d. Pekalongan
b. Jawa tengah e. NTT
c. Bali
2.
Kain
penutup jenazah tersebut dengan kain…..
a. Sembangi d. Katipan
b. Lio e. Tapis
c. Yate yoku
3.
Berapakah
suhu yang dianjurkan untuk memanaskan malam/lilin saat membatik…..
a. 90°c d. 120°c
b. 60°c e. 45°c
c. 30°c
4.
Kain
cinde yang dikembang di Indonesia dibuat dengan teknik ………..
a. Tenun ikat ganda d. Drop Print
b. Dianyam e. Pan Printing
c. Direet print
5.
Ragam
hias yang bersifat artificial dan penggabungan dari beberapa ragam hias adalah
……
a.
Ragam
hias geometris d.
Ragam hias simetris
b.
Ragam
hias dekoratif e. ragam hias
simbolis
c.
Ragam
hias abstrak
6.
Pola
yang disusun dengan ukuran yang berdiri sendiri tanpa diberi bentuk lain …..
a. Pola ulang himpunan
d. Pola tunggal
b. Pola ulang
menyeluruh e. pola tunggal
berpotongan
c. Pola ulang
sebagian
7.
Suku
yang menghasilkan dan mengembangkan kain tapis adalah……………..
a. Pepadun d. Toraja
b. Dayak e. Madani
c. Batuk
8.
Pewarna
tekstil yang dibuat dari arang, batu bara, dan minyak bumi adalah…………
a.
Zat
pemarna alami d. zat
pewarna tradisional
b.
Zat
pewarna sintetis e. zat
pewarna dekorasi
c.
Zat
pewarna campuran
9.
Kain
Tapis merupakan kerajinan tekstil dengan teknik sulaman diproduksi dari
daerah…….
a. Jawa Barat d. Makasar
b. Kalimatan Timur e. Lampung
c. Bali
10.
Kain
patola yang dikembangkan di daerah Gujarat dibuat dengan teknik……….
a. Tenun tunggal d. Tenun sula
b. Tenun ikat celup e. Tenun Batik
c. Tenun ikat ganda
11.
Kapan
pedagang gujatar memperkenalkan motif patola di Indonesia
a. Abad ke-11 d. Abad ke-14
b. Abad ke-12 e. Abad ke-15
c. Abad ke-13
12.
Kain
Indonesia yang memanfaatkan proses celup dengan rintang warna yaitu……….
a. Kain seko mandi d. Kain Susirangan
b. Kain iban pua
kumbu e. Kain Gringsing
c. Kain semen remo
13.
Indigo ialah istilah
dari warna…………..
a. Biru d.
Orange
b. Kuning e. Merah
c. Hijau
14.
Ragam
hias yang berfungsi untuk memberi nilai tambah estetika saja disebut…..
a.
Murni d. Geometris
b.
Dekoratif e. Makhluk hidup
c.
Simbolis
15.
Serat
alami dalam tumbuhan antara lain sebagai berikut kecuali ………….
a.
Emas d. Serat
nanas
b.
Pelepah
pisan e. Kapas
c.
Batang
rami
16.
Ciri-ciri
serat alami dibawah ini adalah benar, kecuali……
a.
Nyaman
d. Rentan
terhadap jamur
b.
Ramah
lingkungan e. Harganya
terjangkau
c.
Terasa
sejuk
17.
Kelemahan
serat sintetis adalah sebagai berikut, kecuali…………
a.
Daya
serap rendah d. Rentan
terhadap jamur
b.
Kurang
nyaman e. Kurang
sejuk
c.
Panas
18.
Dibawah
ini yang bukan merupakan sikap dan karakter kewirausahaan adalah………..
a.
Percaya
diri d. Berani
mengambil resiko
b.
Kepemimpinan e. Kreatif dan inovatif
c.
Berputus
asa
19.
Pewarnaan
alami yang menghasilkan warna merah adalah…..
a.
Indofera d. Curcuma
b.
Ceriops
Condolleana arn e. Aloe Verra
c.
Morinda
Citrifelia
20.
Langkah
ke dua dalam pewarnaan teknik ikat celup adalah………
a.
Menempatkan
benang pakan/lungsin
b.
Mengikat
bagian benang sesuai motif
c.
Benang
yang sudah diikat dicelup dengan warna sesuai rancangan
d.
Menggambarkan
pola motif pada benang yang sudah terpasang pada plangkan
e.
Lepas
ikatan pada kain yang telah dicelupkan ke pewarna
21.
Kegunaan
kain cinde adalah sebagi berikut kecuali……
a.
Celana
dan kain panjang untuk upacara adat
b.
Selendang
untuk menari
c.
Ikat
pinggang pernikahan
d.
Kemben
untuk menari
e.
Penutup
jenazah yang panjangnya 4 M
22.
Proses
kain tenun
1.
Memasang
benang lungsin pada cucukan
2.
Penenunan
dilakukan dengan memasukkan benang pakan ke antara benang-benang lungsin
3.
Menyiapkan
benang pakan
4.
Menyiapkan
benang lungsin yang panjangnya sama dengan panjang kain yang diinginkan
Urutan proses
teknik tenun yang benar adalah …
a.
1,2,3,4 d. 4,1,3,2
b.
4,3,2,1 e. 4,3,1,2
c.
4,2,1,3
23.
Motif
batik yang terdiri dari elemen dunia bawah, tengah dan atas adalah motif
batik….
a.
Cirebon d. Pekalongan
b.
Semen
room e.
Yogyakarta
c.
Jlamprang
24.
Serat
alami yang digunakan pada tenun songket yaitu serat alami dari….
a.
Wol d.
Logam
b.
Batang
rami e. Sutra
c.
Kapas
25.
Kain
yang digunakan untuk acara ruwatan adalah kain…
a.
Tapis d. cepuk
b.
Poleng e. Batik
c.
Songket
26.
Kain
tapis jung sarat digunakan oleh………
a.
Seorang
istri yang mengantar suaminya mengambil gelar sultan
b.
Seseorang
yang melakukan sersembahan
c.
Sesorang
yang melakukan upacara
d.
Suami
yang mengambil gelar sultan
e.
Pengantin
wanita pada upacara perkawinan adat
27.
Ragam
hias dengan kombinasi-kombinasi ulangan disertai dengan membubuhkan bentuk lain
disebut jenis pola…
a.
Himpunan d. Ulang menyeluruh
b.
Pattern e. Tunggal
c.
Assemblage
28.
1.
Pernah puas yang dilakukan dengan cara-cara saat ini
2.
Memiliki semangat juang yang tinggi dan komitmen yang tinggi
3.
Mampu mengantisipasi berbagai resiko dan persaingan
4.
Memiliki keahlian dibidangnya
5.
Selalui ingin tampil berbeda / selalu memanfaatkan perbedaan
Dari
pernyataan diatas yang merupakan syarat untuk menjadi kewirausahaan adalah…
a.
1,2,4 d.
2,3,4,
b.
2,4,5 e. 1,4,5
c.
1,3,5,
29.
Jalinan
antara benang lungsing dan benang pakan biasa disebut dengan …..
a.
Produk d. Ragam Hias
b.
Tekstil e. Rajutan
c.
Acrylic
30.
Di
bawah ini adalah contoh-contoh serat alami dari tumbuhan, kecuali …..
a.
Kapas
d. Serat nanas
b.
Pelepah
pisang e. Sutra
c.
Batang
rami
31.
Ciri
kerajianan tekstil modern adalah …..
a.
Dibuat
dengan alat tenun bukan mesin d. Mengandung makna simbolis
b.
Dibuat
dengan pewarna kimia e. Dibuat untuk ritual adat
c.
Dibuat
dengan mesin yang canggih
32.
Sebagai
pelengkap interior adalah salah satu fungsi kerajinan …….
a.
Kerajinan
tekstil dekoratif d.
Kerajianan tekstil tradisional
b.
Kerajinan
tekstil simbolis e. Kerajinan tekstil modern
c.
Kerajinan
tekstil murni
33.
Motif Patola yang berkembang di Indonesia antara
lain di daerah berikut, kecuali …..
a.
Sumatra d. Malaka
b.
Jawa
Tengah e. Pekalongan
c.
Nusa
Tenggara Timur
34.
Teknik
tenung ikat ganda yang ada di Indonesia, diproduksi di daerah……
a.
Bali d. Madura
b.
NTT e. Sumatra
c.
Pekalongan
35.
Gambar di atas termasuk jenis ragam hias……
a.
Proses
pengulangan himpunan d. Proses pengulangan serasi
b.
Proses
pengulangan sejajar e.
Proses pengulanan tunggal
c.
Proses
pengulangan berpotongan
36.
Ragam
hias yang hanya berfungsi untuk nilai tambah estetika pada suatu benda dan
tidak berhubungan dengan nilai fungsi benda tersebut disebut dengan…..
a.
Ragam
hias simbolis d. Ragam hias geometris
b.
Ragam
hias murni e. Ragam hias artifisial
c.
Ragam
hias dekoratif
37.
Ragam
hias yang bersifat artifisial dan penggabungan dari beberapa inspirasi ragam
hias dan dimodifikasi sehingga menjadi ragam hias yang baru disebut dengan…..
a.
Ragam
hias simbolis d. Ragam hias geometris
b.
Ragam
hias murni e. Ragam hias artifisial
c.
Ragam
hias dekoratif
38.
Ragam
hias yang mengulang suatu bentuk baku tertentu dengan ukuran tertentu dalam
komposisi yang seimbang pada seluruh sisinya disebut dengan…..
a.
Ragam
hias simbolis d. Ragam hias geometris
b.
Ragam
hias murni e. Ragam hias artifisial
c.
Ragam
hias dekoratif
39.
Kain
Cinde diproduksi di daerah …..
a.
Madura d. Jawa Tengah
b.
Sumatra
Barat e. Bali
c.
Jawa
Barat
40.
Di
bawah ini adalah kain dengan teknik tenun ikat ganda adalah …...
a.
Batik
d. Nitik
b.
Patola e. Tapis
c.
Katipa
41.
Suhu
yang dianjurkan untuk memanaskan malam pada kompor batik adalah….
a.
900
C d. 800 C
b.
1200
C e. 600 C
c.
1000
C
42.
Kain
yang digunakan sebagai alat ritual adat di Pulau Nusa Penida adalah ….
a.
Kain
Patola d. Kain Katipa
b.
Kain
Sembagi e. Kain Tapis
c.
Kain
Cepuk
43.
Salah
satu bahan pewarna alami adalah akar mengkudu akar mengkudu akan menghasilkan
warna……
a.
Hijau d. Biru
b.
Merah e. Ungu
c.
Kuning
44.
Yang
bukan termasuk cirri-ciri wirausahawan adalah ….
a.
Percaya
diri d.
Keberanian mengambil resiko
b.
Berani
menolak janji e.
Memiliki jiwa kepemimpinan
c.
Kreativitas
dan inovasi
45.
Motif
pada Batik Nitik yang dikembangkan di Yogyakarta dan Surakarta berwarna Sogan.
Apa yang dimaksud dengan warna sogan
pada batik nitik ……
a.
Kecokelatan d. Biru
b.
Kuning e. Abu-abu
c.
Indigo
46.
Sebuah
kain yang diproduksi di Kalimantan yang bersimbol sebagai kain kesuburan disebut dengan ….
a.
Kain
Seko Mandi d.
Kain Iban Pua-Kumbu
b.
Kain
Tenun Gringsing e.
Kain Semen Romo
c.
Kain
Cepuk
47.
Sebuah
kain yang dibuat dengan teknik tenin ikat benang katun yang digunakan sebagai
kain penutup jasad (kematian) ialah ….
a.
Kain
Seko Mandi d. Kain Iban Pua-Kumbu
b. Kain Tenun
Gringsing e. Kain Semen
Romo
c. Kain Cepuk
48.
Suatu
potongan kain polos dan bermotif yang digabungkan membentuk pola-pola tertentu
disebut dengan istilah ….
a.
Under
block d. Directprint
b.
Quilting e.
Patcwork
c.
Block
print
49.
Proses
teknit membatik yang pertama ialah …...
a.
Memilih
canting yang akan dipakai
b.
Memanaskan
lilin di atas kompor
c.
Membuat
sketsa motif batik pada kain polos
d.
Memilih
warna yang diingnkan
e.
Mencelupkan
kain yang di batik
50.
Di
bawah ini teknik-teknik pembentukan motif pada kerajinan tekstil, kecuali ….
a.
Memberikan
aplikasi payet, memintal benang, dan tenun ikat pakan
b.
Tenun
ikat ganda, songket, perinting dengan mesin dan cap pada batik
c.
Block
print, memberikan pewarnaan, sablon, border, menyulam
d.
Tenun
ikat celup, sablon tangan, aplikasi hiasan logam, tenun ikat pakan
e.
Memberikan
aplikasi batik, songket, sasirangan, aplikasi manic-manik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar